Jumat, 02 November 2012

silabus mata kuliah IPI


SILABUS MATA KULIAH
A.    Informasi Umum
Mata Kuliah                      :Ilmu Pendidikan Islam
Kode Mata Kuliah                        :
Komponen Mata Kuliah   :Mata Kuliah Wajib
Fakultas/ Jurusan               :PAI
Bobot                                :2 Sks
Dosen                                :Sopiatun Nahwiyah, S.Pd.I

B.     Manfaat Perkuliahan
Mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dipersiapkan untuk menjadi tenaga kependidikan Islam yang profesional dalam berbagai bidangnya. Sebagai calon pakar dan praktisi pendidikan Islam, mereka perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan pendidikan sesuai dengan ajaran Islam.
Mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam adalah suatu disiplin pengetahuan yang membahas konsepsi Islam tentang berbagai komponen dan aspek pendidikan. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa didorong dan dibimbing untuk mengetahui ajaran Islam berkenaan dengan pendidikan. Oleh karena itu, setiap mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut agar memahami mata kuliah ini agar dalam melaksanakan tugas-tugasnya di bidang pendidikan dapat dilaksanakan sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

C.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh semua mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Mata kuliah ini membekali mahasiswa, sebagai calon pemikir dan pengelola pendidikan umat Islam, dengan pengetahuan tentang ajaran Islam yang berhubungan dengan berbagai komponen pendidikan.

D.    Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti perkuliahan Ilmu Pendidikan Islam mahasiswa dapat mengetahui dan memahami konsepsi Islam tentang berbagai komponen dan aspek pendidikan sehingga dengan pengetahuan tersebut mereka mampu menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan umat di bidang pendidikan.

E.     Indikator Kompetensi
1.      Mahasiswa dapat Memahami Pengertian, Ruang Lingkup Bahasan dan Urgensi Ilmu Pendidikan Islam
2.      Mahasiswa dapat Memahami Konsep Islam Tentang fitrah Manusia
3.      Mahasiswa dapat Memahami Tujuan Pendidikan Islam
4.      Mahasiswa Memahami Kurikulum Pendidikan Islam
5.      Mahasiswa memahami dan dapat mengaplikasikan Metode Pendidikan Islam
6.      Mahasiswa dapat Menguasai Media pembelajaran dalam Pendidikan Islam
7.      Mahasiswa Memahami Evaluasi Pendidikan Islam
8.      Mahasiswa dan Mengetahui dan Memahami Penanggung Jawab Pendidikan Islam
9.      Mahasiswa dapat Memahami Kedudukan dan Peran pendidik dalam Pendidikan Islam
10.  Mahasiswa dapat Memahami Lingkungan dan Lembaga dalam Pandangan Islam
11.  Mahasiswa dapat Memahami Reaktualisasi Pendidikan Islam
F.     Materi Perkuliahan
1.      Pengertian, Ruang Lingkup Bahasan, dan Urgensi Ilmu Pendidikan Islam 
a.       Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
b.      Ruang Lingkup Bahasan Ilmu Pendidikan Islam
c.       Urgensi Ilmu Pendidikan Islam.
2.      Konsepsi Islam tentang Fitrah Manusia
a.       Pengertian Fitrah 
b.      Hubungan Antara Fithrah Manusia dan Pendidikan
c.       Fitrah Manusia dalam Perspektif Ajaran Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan
3.      Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam
a.       Pengertian dan Fungsi Tujuan Pendidikan 
b.      Tujuan Hidup Manusia dalam Perspektif Islam 
c.       Ciri-ciri Manusia Ideal dalam Perspektif  Islam 
d.      Rumusan Tujuan Akhir Pendidikan Menurut Islam
4.      Kurikulum Pendidikan Islam
a.       Pengertian Kurikulum
b.      Komponen Kurikulum
c.       Kerangka Dasar Kurikulum
d.      Dasar Kurikulum
e.       Prinsip-Prinsip Penyusunan Kurikulum
5.      Metode/Alat Pendidikan dalam Perspektif Islam
a.       Pengertian Metode/Alat Pendidikan
b.      Dasar Metode Pendidikan Islam
c.       Prinsip-Prinsip Metode Mengajar
d.      Bentuk-bentuk Metode/Alat Pendidikan Yang Diajarkan Islam
6.      Media dan Sumber Pembelajaran Pendidikan Islam
a.       Media Pendidikan
b.      Sumber Pembelajaran
7.      Evaluasi dalam Pendidikan Islam
a.       Pengertian Evaluasi
b.      Fungsi Evaluasi
c.       Prinsip evaluasi
d.      Jenis-jenis Penilaian (Evaluasi)
e.       Bentuk-bentuk penilaian
f.       Langkah-langkah Penilaian
8.      Penanggung Jawab Pendidikan Menurut Ajaran Islam
a.       Orang Tua
b.      Guru
c.       Masyarakat
d.      Pemerintah
9.      Kedudukan dan Peran Pendidik dalam Islam
a.       Pengertian Pendidik
b.      Jenis Pendidik dalam Pendidikan Islam
c.       Keutamaan Pendidik
d.      Tugas, Tanggung Jwab dan Hak Pendidik
e.       Kode Etik Pendidik


10.  Lingkungan dan Lembaga Pendidikan dalam Pandangan Islam
a.       Pengertian Lingkungan dan Lembaga Pendidikan
b.      Berbagai Jenis Lingkungan dan Perannya Masing-masing
c.       Bentuk-bentuk Lembaga Pendidikan dalam Islam
11.  Reaktualisasi Pendidikan Islam
a.       Pendidikan Islam dalam Kontek Kekinian
b.      Reaktualisasi Pendidikan Islam

G.    Sistem Perkuliahan
Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk:
1.      Kuliah tatap muka
a.       Penyajian Dosen
b.      Presentasi Mahasiswa
c.       Diskusi Kelas Oleh mahasiswa
2.      Kuliah terstruktur
a.       Mind Maping
b.      Makalah
3.      Tugas mandiri
Mahasiswa belajar secara individual di rumah, di perpustakaan dan di kelompok yang dikontrol oleh dosen melalui kuis-kuis singkat.

H.    Sistem Evaluasi
1.      Mandiri 15%
2.      Terstruktur 15%
3.      Ujian Tengah Semester (UTS) 35%
4.      Ujian Akhir Semester (UAS) 35%

I.       Kepustakaan
1.      Ramayulis, (2002). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
2.      Bukhari Umar, (2010). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah
3.      Zakiah Daradjat, dkk, (1992). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
4.      Mohammad Daud Ali, (2004). Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo
5.      Buku-buku yang Relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar