SILABUS
MATA KULIAH
A.
Informasi Umum
Mata Kuliah :Ilmu Pendidikan Islam
Kode Mata Kuliah :
Komponen Mata
Kuliah :Mata Kuliah Wajib
Fakultas/
Jurusan :PAI
Bobot :2 Sks
Dosen :Sopiatun Nahwiyah,
S.Pd.I
B.
Manfaat
Perkuliahan
Mahasiswa
yang mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dipersiapkan untuk menjadi
tenaga kependidikan Islam yang profesional dalam berbagai bidangnya. Sebagai
calon pakar dan praktisi pendidikan Islam, mereka perlu dibekali dengan
pengetahuan dan keterampilan pendidikan sesuai dengan ajaran Islam.
Mata
kuliah Ilmu Pendidikan Islam adalah suatu disiplin pengetahuan yang membahas
konsepsi Islam tentang berbagai komponen dan aspek pendidikan. Melalui
perkuliahan ini, mahasiswa didorong dan dibimbing untuk mengetahui ajaran Islam
berkenaan dengan pendidikan. Oleh karena itu, setiap mahasiswa yang mengambil
jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut agar memahami mata kuliah ini
agar dalam melaksanakan tugas-tugasnya di bidang pendidikan dapat dilaksanakan
sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.
C.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam merupakan mata kuliah
wajib yang harus diikuti oleh semua mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Mata kuliah
ini membekali mahasiswa, sebagai calon pemikir dan pengelola pendidikan umat
Islam, dengan pengetahuan tentang ajaran Islam yang berhubungan dengan berbagai
komponen pendidikan.
D.
Kompetensi Mata
Kuliah
Setelah
mengikuti perkuliahan Ilmu Pendidikan Islam mahasiswa dapat mengetahui dan
memahami konsepsi Islam tentang berbagai komponen dan aspek pendidikan sehingga
dengan pengetahuan tersebut mereka mampu menyoroti, menganalisis, dan
memecahkan berbagai persoalan umat di bidang pendidikan.
E.
Indikator
Kompetensi
1.
Mahasiswa
dapat Memahami Pengertian, Ruang Lingkup Bahasan dan Urgensi Ilmu Pendidikan
Islam
2.
Mahasiswa
dapat Memahami Konsep Islam Tentang fitrah Manusia
3.
Mahasiswa
dapat Memahami Tujuan Pendidikan Islam
4.
Mahasiswa
Memahami Kurikulum Pendidikan Islam
5.
Mahasiswa
memahami dan dapat mengaplikasikan Metode Pendidikan Islam
6.
Mahasiswa
dapat Menguasai Media pembelajaran dalam Pendidikan Islam
7.
Mahasiswa
Memahami Evaluasi Pendidikan Islam
8.
Mahasiswa
dan Mengetahui dan Memahami Penanggung Jawab Pendidikan Islam
9.
Mahasiswa
dapat Memahami Kedudukan dan Peran pendidik dalam Pendidikan Islam
10.
Mahasiswa
dapat Memahami Lingkungan dan Lembaga dalam Pandangan Islam
11.
Mahasiswa
dapat Memahami Reaktualisasi Pendidikan Islam
F.
Materi
Perkuliahan
1.
Pengertian, Ruang Lingkup Bahasan,
dan Urgensi Ilmu Pendidikan Islam
a.
Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
b.
Ruang Lingkup Bahasan Ilmu
Pendidikan Islam
c.
Urgensi Ilmu Pendidikan Islam.
2.
Konsepsi Islam tentang Fitrah
Manusia
a.
Pengertian Fitrah
b.
Hubungan Antara Fithrah Manusia dan
Pendidikan
c.
Fitrah Manusia dalam Perspektif
Ajaran Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan
3.
Tujuan Pendidikan dalam Perspektif
Islam
a.
Pengertian dan Fungsi Tujuan
Pendidikan
b.
Tujuan Hidup Manusia dalam
Perspektif Islam
c.
Ciri-ciri Manusia Ideal dalam
Perspektif Islam
d.
Rumusan Tujuan Akhir Pendidikan
Menurut Islam
4.
Kurikulum Pendidikan Islam
a.
Pengertian Kurikulum
b.
Komponen Kurikulum
c.
Kerangka Dasar Kurikulum
d.
Dasar Kurikulum
e.
Prinsip-Prinsip Penyusunan Kurikulum
5.
Metode/Alat Pendidikan dalam
Perspektif Islam
a.
Pengertian Metode/Alat Pendidikan
b.
Dasar Metode Pendidikan Islam
c.
Prinsip-Prinsip Metode Mengajar
d.
Bentuk-bentuk Metode/Alat Pendidikan
Yang Diajarkan Islam
6.
Media dan Sumber Pembelajaran
Pendidikan Islam
a.
Media Pendidikan
b.
Sumber Pembelajaran
7.
Evaluasi dalam Pendidikan Islam
a.
Pengertian Evaluasi
b.
Fungsi Evaluasi
c.
Prinsip evaluasi
d.
Jenis-jenis Penilaian (Evaluasi)
e.
Bentuk-bentuk penilaian
f.
Langkah-langkah Penilaian
8.
Penanggung Jawab Pendidikan Menurut
Ajaran Islam
a.
Orang Tua
b.
Guru
c.
Masyarakat
d.
Pemerintah
9.
Kedudukan dan Peran Pendidik dalam
Islam
a.
Pengertian Pendidik
b.
Jenis Pendidik dalam Pendidikan
Islam
c.
Keutamaan Pendidik
d.
Tugas, Tanggung Jwab dan Hak
Pendidik
e.
Kode Etik Pendidik
10.
Lingkungan dan Lembaga Pendidikan
dalam Pandangan Islam
a.
Pengertian Lingkungan dan Lembaga
Pendidikan
b.
Berbagai Jenis Lingkungan dan
Perannya Masing-masing
c.
Bentuk-bentuk Lembaga Pendidikan
dalam Islam
11.
Reaktualisasi Pendidikan Islam
a.
Pendidikan Islam dalam Kontek
Kekinian
b.
Reaktualisasi Pendidikan Islam
G.
Sistem
Perkuliahan
Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dalam
bentuk:
1.
Kuliah
tatap muka
a.
Penyajian
Dosen
b.
Presentasi
Mahasiswa
c.
Diskusi
Kelas Oleh mahasiswa
2.
Kuliah
terstruktur
a.
Mind
Maping
b.
Makalah
3.
Tugas
mandiri
Mahasiswa
belajar secara individual di rumah, di perpustakaan dan di kelompok yang
dikontrol oleh dosen melalui kuis-kuis singkat.
H.
Sistem Evaluasi
1.
Mandiri
15%
2.
Terstruktur
15%
3.
Ujian
Tengah Semester (UTS) 35%
4.
Ujian
Akhir Semester (UAS) 35%
I.
Kepustakaan
1.
Ramayulis,
(2002). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:
Kalam Mulia
2.
Bukhari
Umar, (2010). Ilmu Pendidikan Islam,
Jakarta: Amzah
3.
Zakiah
Daradjat, dkk, (1992). Ilmu Pendidikan
Islam, Jakarta: Bumi Aksara
4.
Mohammad
Daud Ali, (2004). Pendidikan Agama
Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo
5.
Buku-buku
yang Relevan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar